10 September 2019 - MANOKWARI - Politeknik Pembangunan Pertanian menggelar Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD) bagi mahasiswa semester III pada 9 – 14 September 2019.

Ketua panitia pelaksana, Sritiasni, S.Pt., M.Si dalam laporannya pada pembukaan KMD, mengatakan, KMD itu diikui oleh 78 mahasiswa Polbangtan dengan rincian Program Studi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan 44 orang dan Program Studi Penyuluhan Pertanian dan Kesejahteraan Hewan 34 orang.

“Kurikulum KMD dibagi dalam 9 modul yakni pengantar, Kepramukaan, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, Program Kegiatan Peserta Didik, Cara Membina dengan System, Organisasi, SKK SPG, Kegiatan alam terbuka dan Pelengkap,” ujar Sritiasni.

Sementara itu, direktur Polbangtan Manokwari, drh. Purwanta,M.Kes mengatakan KMD ini sangat baik untuk membangkitkan kembali kegiatan Pramuka.

“Pramuka luarbiasa dampaknya ke adik-adik sekalian (mahasiswa.red) dimana, pramuka mengajarkan kemandirian, kerjasama, etos kerja, komunikasi, kolaborasi dan sebagainya,” jelas Purwanta.

Lanjut, kata Purwanta, kegiatan pramuka penting dalam kaitan membangun karakter mahasiswa karena di abad 21 ada permasalahan menyangkut tiga hal, yakni karakter akhlak, kompetensi dan literasi.

“kaitannya dengan akhlak, salah satunya yaitu dibangun kegiatan soft skill, salah satunya adalah kegiatan pramuka,” ungkap Purwanta.

Dia berharap KMD tidak sekedar menghabiskan anggaran namun, bagaimana membangunkan kembali kejayaan Pramuka. (RR/ON)

Sumber: https://www.orideknews.com/kmd-polbangtan-manokwari-diharapkan-membangun-karakter-mahasiswa/

Polling Website

Bagus : 22
Cukup Bagus : 2
Biasa Saja : 1
Tidak Bagus : 0

Total Poling : 25