PROFIL UPPM

     Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) merupakan salah satu unsur pelaksana akademik di Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan Manokwari). UPPM melaksanakan dua tugas pokok dan fungsi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. UPPM merupakan unit kerja yang kedudukannya sejajar dengan Jurusan dan berada di bawah pembinaan teknis Wakil Direktur I. Kepala UPPM saat ini adalah Dr. Detia Tri Yunandar, S.P., M.Si. (2020-saat ini).

     UPPM berdasarkan Statuta Polbangtan Manokwari mempunyai tugas mengoordinasikan kegiatan penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat. Terkait dengan tugas itu, UPPM juga melakukan fasilitasi diseminasi hasil pertanian, penerbitan artikel ilmiah dosen pada jurnal bereputasi, penerbitan jurnal ilmiah, dan perolehan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI).

Hingga tahun 2021, UPPM telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan penelitian terapan sebanyak 96 judul. UPPM juga telah mengelola penerbitan Jurnal Triton sebanyak 11 edisi. Jurnal Triton merupakan Jurnal Penyuluhan Pertanian terbitan Polbangtan Manokwari yang pengelolaannya dilaksanakan oleh UPPM. Jurnal Triton telah memiliki ISSN yaitu p-ISSN 2085-3823 dan e-ISSN 2745-3650, serta telah terindeks baik nasional maupun internasional, meliputi: Portal Garuda, Google Schoolar, Mendeley, ORCID, One Search Indonesia, PKP Index, Crossref, ROAD, Index Copernicus dan Infobase Index. Saat ini, Jurnal Triton tengah dalam proses pengajuan akreditasi SINTA. UPPM juga telah mengelola Seminar Nasional Pembangunan dan Pendidikan Vokasi Pertanian, dan telah memiliki media publikasi dalam bentuk Prosiding ber-ISSN (e-ISSN 2774-1982).

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang difasilitasi UPPM sangat beragam dan telah dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Beberapa kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut, di antaranya yaitu: pembinaan Desa Mitra yang diisi dengan kegiatan penyuluhan baik metode ceramah, praktik, demonstrasi, maupun metode lainnya; pendampingan Kostratani di wilayah Papua dan Papua Barat, termasuk pembinaan Model BPP Kostratani; pendampingan pembangunan pertanian di daerah perbatasan; supervisi pembangunan pertanian di Papua Barat, dan berbagai bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat lainnya. Mitra kerjasama UPPM yang sudah terjalin adalah dengan Dinas Pertanian Kabupaten/Kota se-Papua Barat, Dinas Pertanian Kota Jayapura, BPP se-Papua Barat.

Kami mengundang dan mengajak juga pihak-pihak yang berkeinginan untuk bekerjasama dengan kami diberbagai bidang yang relevan dengan tugas pokok dan fungsi kami. SDM yang kami miliki mempunyai kompetensi yang beragam baik di bidang penyuluhan, teknis, agribisnis maupun manajemen, di sektor pertanian, peternakan, dan perkebunan.

Back to top button
Close