Visi dan Misi

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran POLBANGTAN Manokwari

POLBANGTAN Manokwari merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian. Keberadaan POLBANGTAN Manokwari untuk menghasilkan tenaga di bidang pertanian pertanian yang profesional, mandiri, dan berdaya saing.

Berkenaan dengan itu, maka POLBANGTAN Manokwari telah memiliki rumusan visi-misi sebagai upaya konsisten untuk menjalankan amanat Kementerian Pertanian.  Sebagaimana diketahui bersama visi-misi  tersebut adalah:

VISI

Menjadi POLITEKNIK Pertanian bertaraf Internasional untuk menghasilkan Sumberdaya Manusia Pertanian yang profesional, mandiri, dan berdaya saing dalam mendukung Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia 2045.

MISI

  1. Menyiapkan lulusan yang kompeten di bidang pertanian dan mampu bersaing dalam pasar global.
  2. Menerapkan dan mengembangkan sistem pendidikan profesional, produktif, berdayaguna,  dan  akuntabel yang bertaraf Internasional.
  3. Meningkatkan dan menerapkan hasil penelitian pertanian (teknis, sosial, ekonomi, dan manajemen) yang dipublikasi secara Internasional.
  4. Mengembangkan kerjasama teknis pendidikan antar perguruan tinggi dalam dan luar negeri, pemerintah, nGO, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) serta pelaku usaha tani lainnya.
  5. Membentuk mahasiswa berkarakter pertanian melalui pembinaan mental dan  spiritual secara berkelanjutan.
  6. Meningkatkan pengelolaan administrasi umum, akademik, kemahasiswaan, dan alumni berbasis teknologi informasi.

TUJUAN

  1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga kerja bidang pertanian berstandar Internasional.
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian pertanian yang mudah diaplikasikan serta dipublikasikan secara Internasional.
  3. Mewujudkan kerjasama antara perguruan tinggi dalam dan luar negeri, pemerintah, Dunia Usaha, Dunia Industri (DUDI) dan pelaku usaha tani lainnya.
  4. Meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
  5. Meningkatkan tata kelola administrasi yang efektif, efisien, dan akuntabel.

SASARAN

  1. Menghasilkan 450 Sarjana Terapan (S.Tr.) dalam bidang pertanian.
  2. Terselenggaranya 30 penelitian di bidang pertanian, peternakan dan perkebunan serta desiminasi hasil penelitian pada 8 BP3K dan WKPP di 3 Kabupaten, dan publikasi Internasional sebanyak 5 judul.
  3. Terselenggaranya nota kesepahaman dan kerjasama 2 Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri, 2 Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, dan 15 Dunia Usaha dan Dunia Industri.
  4. Meningkatnya kapasitas dan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan sejumlah 60 orang.
  5. Mewujudkan budaya akademik yang kondusif dan meningkatnya sistem penjaminan mutu pendidikan.

Polling Website

Bagus : 22
Cukup Bagus : 2
Biasa Saja : 1
Tidak Bagus : 0

Total Poling : 25