Sambutan Direktur

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu, Salam Sejahtera bagi Kita Semua, Om Swastyastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan.

Selamat datang di official website Politeknik Pembangunan Pertanian (POLBANGTAN) Manokwari. Polbangtan Manokwari merupakan salah satu perguruan tinggi negeri dibawah Kementerian Pertanian, untuk mengemban misi dalam penyelenggaraan pendidikan vokasi pertanian dalam rangka regenerasi pertanian.

Berawal dari Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA) Manokwari tahun 1965, berubah nama menjadi Sekolah Pembangunan Pertanian (SPP) tahun 1987 dan meningkat status menjadi Perguruan Tinggi yaitu Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Manokwari pada tanggal 13 Agustus 2002. Selanjutnya STPP Manokwari bertranformasi menjadi Polbangtan Manokwari dan diresmikan oleh Menteri Pertanian Dr. H. Andi Amran Sulaiman, SP., MP. pada tanggal 18 September 2018 di Bogor, bersama dengan 5 Polbangtan lainnya.

Polbangtan Manokwari terus melakukan pengembangan dan pembaruan (develop and reform) untuk merespon kebutuhan stakeholders (mahasiswa, orangtua mahasiswa, masyarakat profesi dan masyarakat pengguna lulusan) serta mempersiapkan generasi penerus untuk mewujudkan Indonesia Maju khususnya dibidang pertanian. Konsep pembelajaran untuk menciptakan lulusan yang Profesional, Mandiri dan Daya Saing serta berjiwa Wirausaha dengan kualifikasi job seeker dan job creator.

Langkah-langkah nyata telah dilakukan melalui penguatan kelembagaan (akreditasi institusi dan prodi; SDM; dan layanan manajemen pendidikan), penyelenggaraan kurikulum pendidikan berbasis kompetensi dalam rangka menghadapi kebutuhan era Industri 4.0. Kesempatan seluas-luasnya kepada segenap elemen civitas academika untuk terus berkompetisi di bidangnya masing-masing, mendorong mahasiswa untuk selalu aktif, kritis dan kreatif dalam setiap kegiatan baik kokurikuler maupun ekstrakurikuler, memacu para dosen dan peneliti untuk selalu berinovasi, serta memberikan dukungan bagi unit-unit kerja di lingkungan Polbangtan Manokwari untuk selalu dapat meningkatkan mutu layanan.

Kami berharap dapat memposisikan Polbangtan Manokwari sejajar dengan Politeknik Pertanian terkemuka lainnya dalam menghadapi tantangan globalisasi. Terima kasih atas waktunya untuk bereksplorasi di Polbangtan Manokwari melalui situs ini. Kritik dan saran kami harapkan untuk kemajuan pertanian dan Polbangtan Manokwari mewujudkan Pertanian yang maju, mandiri dan modern

Direktur

 

drh. Purwanta, M.Kes

Back to top button
Close