Berita

Dosen Milenial Cetak Petani Milenial

26 Februari 2020 — Yogyakarta — Pendidikan memberi pengaruh besar dalam revolusi industri 4.0, terlebih dalam mencetak petani milenial.  Kepala Bidang Kelembagaan dan Ketenagaan BPPSDMP Kementerian Pertanian, Dr. Inneke Kusumawaty, S.TP., M.P. menyebutkan, “Seorang dosen hendaknya memiliki kemampuan mengelola pembelajaran yang menarik untuk diminati mahasiswa.”

Peserta didik yang nantinya menjadi petani milenial ini, termasuk generasi milenial yang adaptif terhadap tekhnologi.  Lebih lanjut Inneke menuturkan bahwa metode pengajaran di lingkup Politeknik Kementan tidak mungkin lagi menerapkan metode pembelajaran secara konvensional, mahasiswa merasa sangat bosan.

Salah satu upaya yang dilakukan Badan Pendidikan Penyuluhan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan untuk meningkatkan kemampuan tenaga pengajar khususnya dosen yakni mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Applied Approject (AA).  Kegiatan yang memasuki hari ke-tiga (26/2), rencananya akan diadakan hingga Jumat, 28/2 bertempat di Hotel Grand Tjokro, Yogyakarta.

Bimtek AA diperuntukkan bagi dosen senior agar memiliki wawasan dan keterampilan  untuk mengembangkan kualitas proses belajar dan hasil belajar mahasiswa. Dalam pelaksanaan kegiatan Kementan menggandeng Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) demi terciptanya tenaga pendidik yang memahami bahan ajar berbasis Informasis Teknologi (IT), menjadi dosen milenial.

Direktur Politeknik Pembanguan Pertanian (Polbangtan) Manokwari, drh. Purwanta, M.Kes pun berharap dengan terselenggaranya Bimtek AA kapasitas dosen meningkat terkait dengan metodologi pengajaran, seiring dengan kemajuan teknologi dan era 4.0. Polbangtan Manokwari merupakan salah satu dari tujuh Politeknik lingkup Kementan yang tersebar diseluruh Indonesia, yang berperan penting dalam mencetak petani milenial. (269)

Sumber : https://www.agronet.co.id/detail/indeks/info-agro/4757-Dosen-Milenial-Cetak-Petani-Milenial

Show More
Back to top button
Close