Berita

Tingkatkan Populasi Sapi, Kementan Lakukan Pelayanan Kesehatan Hewan Ternak door to door

Politeknik Pembangunan pertanian Manokwari lakukan pelayanan kesehatan hewan ternak terpadu 2021 sebagai penguatan gerakan kostratani.

Melalui program Unggulan di era kabinet Indonesia maju oleh menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo, Sosialisai Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (SIKOMANDAN) dilakukan door to door ke rumah warga yang ada di Distrik Oransbari Manokwari Selatan untuk menghindari kerumunan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa upaya meningkatkan populasi sapi dan kerbau lokal melalui Sikomandan merupakan salah satu bagian komitmen pemerintah untuk mengurangi dominasi impor daging sapi dan kerbau di Indonesia.“Salah satu upaya menggenjot dan meningkatkan populasi sapi lokal adalah melalui optimalisasi program inseminasi buatan secara massal yang telah dilakukan dari tahun 2017 hingga kini,” ungkapnya

Mendukung setiap program kementan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Dedi Nursyamsi mendorong penguatan peran kostratani agar para penyuluh terus mendampingi masyarakat

“Kostratani atau Komando Strategis Pembangunan Pertanian, berada di tingkat kecamatan. Kostratani harus men-support dan terlibat langsung pada seluruh program Kementan. Kostratani juga sebagai pelaksana utama program strategis Kementan,” jelasnya.

Bentuk pelayanan yang dilakukan yaitu Inseminasi Buatan, Deteksi kebuntingan serta memberikan pengobatan terhadap hewan ternak.

Hadir mendampingi tim dari Polbangtan Manokwari, Kepala Bidang Peternakan Manokwari Selatan (Mansel) Cornelia F.K Koirewoa bersyukur dengan adanya kegiatan ini, karena dari pihak provinsi belum ada bentuk kegiatan sosialisasi langsung kepada masyarakat. “Harapan kami kedepan dapat memenuhi pangan, secara khusus pemenuhan protein untuk kebutuhan masyarakat” ungkapnya

“Secara taknis di Mansel ini kami telah memiliki petugas insiminator, tersisa bahan-bahan yang dibutuhkan dalam inseminasi buatan belum memadai salah satunya ketersediaan hormon untuk ternak” tambah Cornelia

Ratusan sapi milik 30 peternak yang di jumpai secara langsung di kampung Sindang Jaya dan Margo Mulyo diberikan vitamin, obat cacing, antibiotik serta obat lalat untuk menunjang kesehatan hewan ternak di Distrik Oransbari.

Selain itu peternak juga mendapatkan pelayanan pemeriksaan kebuntingan gratis untuk ternak yang telah mengakses Inseminasi Buatan Sikomandan. Inseminasi buatan ini menjadi kegiatan utama dalam peningkatan populasi sapi dan kerbau.

Show More
Back to top button
Close