Berita

Cegah Pandemi Covid-19, Makanlah Ayam Sehat

5 April 2020 – Manokwari – Menjaga daya tahan tubuh, kunci utama dalam menangkal penyebaran corona virus (Covid-19). Salah satunya dengan mengkonsumsi daging ayam sehat bronik atau broiler organik.

Ayam sehat karya mahasiswa Program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP) Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari, seperti namanya sehat dan berukuran besar. Salah seorang anggota PWPM Polbangtan Manokwari, Yohanes Mandai menyebutkan bahwa dari umur satu hari ayam sehat ini kami berikan suplemen organik dan vitamin khusus ternak.

Sambil berkelakar, pria lulusan Polbangtan Manokwari yang dulunya bernama Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) menyampaikan, “Kami bersyukur ayam-ayam yang kami ternakkan berbakti hingga panen, performa bagus, putih bersih, dan tidak ada yang mati satu pun.” Walaupun cuaca di Manokwari ekstrim, ternak broiler yang dipeliharanya tetap lah sehat. Terlebih dengan pandemi Covid-19 budidaya ternak ayam tetap berjalan, dengan kata lain pertanian tidak berhenti.

Dalam melakukan budidaya Anis, begitu ia disapa, tidak sendiri. Selain Kelompok PWMP BRONIK, ada juga kelompok AMPO dan KORASAH. Rahasia dibalik sehatnya ayam broiler yang dipelihara selama 28 hingga 30 hari ini terletak pada pemberian jamu.

Bawang putih, temu lawak, kunyit, jahe, kencur, cengkeh, sereh, gemyana diblander dan rebus hingga mendidih ditambahkan gula merah. Setelah dingin campurkan suplemen cair organik dan lakukan proses fermentasi selama satu malam atau 12 jam.

Pemberiannya cukup mudah, hanya tinggal mencampurnya dengan air minum. Tidak perlu mencampur jamu dengan vitamin. Cukup sediakan satu galon untuk jamu dan satu galon untuk vitamin. Hasilnya, ternak sehat, tidak ada bau yang timbul disekitar kandang, licah, dan pertumbuhan optimal.

Anis tidak mengklaim 100% ayam yang ia ternak sebagai ayam organik. Ia hanya sampaikan bahwa ini ayam sehat. Sejatinya ayam oraganik merupakan ayam yang diternakkan secara alami tanpa sentuhan kimia mulai dari day old chicen (DOC) atau ayam umur satu hari, pakan organik, hingga penunjang kesehatan pun organik.

Meski demikian, ayam hasil budidaya PWMP Polbangtan Manokwari adalah ayam sehat yang dapat menunjang kebutuhan gizi masyarakat. Direktur Polbangtan Manokwari, drh. Purwanta, M.Kes mendukung sepenuhnya kegiatan dari tim PWMP. “Program PWMP di Polbangtan Manokwari nyatanya telah memberikan semangat bagi mahasiswa Polbangtan Manokwari dalam menumbuhkan jiwa Enterpreneur untuk menjadikan alumni sebagai job creator,” kata Purwanta. Ditengah pandemi Covid-19 Purwanta pun menghimbau untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat, seperti ayam bronik ini. Jika kebutuhan tubuh terpenuhi, imunitas terjaga, tubuh dengan sendirinya dapat menangkal penyebaran covid-19.

Sumber : https://beritatani.com/cegah-pandemi-covid-19-makanlah-ayam-sehat/

Show More
Back to top button
Close