Back
HomeBeritaDari Wilayah Timur, Polbangtan Kementan Raih Akreditasi Baik Sekali 

Dari Wilayah Timur, Polbangtan Kementan Raih Akreditasi Baik Sekali 

Share:

 

Sebagai upaya nyata dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian yang berkualitas Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari sukses meraih akreditasi Institusi “Baik Sekali”.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan BAN-PT No.1132/SK/BAN-PT/Akred-PMT/PT/XII/2021, menyatakan bahwa Polbangtan Manokwari memenuhi syarat setelah melakukan konversi akreditasi institusi dari akreditasi “B” menjadi “Baik Sekali”

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo,memberikan apresiasi atas keberhasilan tersebut. Menurutnya, pendidikan vokasi merupakan unsur penting dalam upaya regenerasi petani di Indonesia.

“Melalui pendidikan vokasi, kita berharap muncul petani milenial yang mampu memberikan inovasi. Karena bagaimanapun, masa depan pertanian ada di generasi milenial,” tegas Mentan SYL

Senada dengan Mentan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menyampaikan bahwa pendidikan vokasi merupakan amanah dari Presiden dan dalam upaya mengakselerasi pengembangan terutama di sektor pertanian.

“Sehingga jelas dari arahan tersebut pendidikan vokasi adalah salah satu jalan kita untuk mendapatkan petani-petani muda dari kalangan milenial yang berkualitas,” ungkap Dedi

Perolehan prestasi tersebut memberikan semangat untuk terus mendorong kemajuan pertanian di wilaya timur Indonesia serta mewujudkan cita-cita kementerian pertanian dalam melahirkan 2,5 juta petani milenial.

Perguruan tinggi vokasi dianggap memiliki peranan penting dalam mewujudkan hal tersebut karena generasi milenial menjadi harapan baru bagi pembangunan pertanian masa depan.

Direktur Polbangtan Manokwari, Purwanta menyampaikan bahwa akreditasi merupakan instrument penting bagi sebuah perguruan tinggi karena merupakan aspek yang menunjukkan kualitas suatu lembaga.

“lewat akreditasi yang diperoleh memperlihatkan bahwa mutu dan kualitas pendidikan yang ada telah bagus dan dijamin oleh pemerintah melalui surat keputusan yang dikeluarkan BAN-PT,” ungkap Purwanta

Ia menambahkan bahwa pihaknya akan terus melakukan pembenahan untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan yang ada di Polbangtan Manokwari, karena sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk menjamin mutu pendidikan pertanian di wilayah timur agar tercipta SDM pertanian yang professional, mandiri dan berdaya saing.

Sertifikat akreditasi yang dikeluarkan berlaku sejak akhir desember 2021 hingga akhir desember 2022

Lainnya

Open chat
Scan the code
Humas Polbangtan Manokwari
Hallo, ada yang bisa kami bantu?