Berita

Demplot Pangan Lokal Gugah Mace-Mace Papua Tingkatkan Produktifitas Lahan

15 Juli 2020, MANOKWARI – Petani dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) berada di garda terdepan dalam melawan Covid-19. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyebutkan, “Selain tim medis, para petani di Indonesia menjadi pejuang melawan Covid-19 dengan menyediakan pangan yang berkelanjutan.”

Lebih lanjut Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP Kementan), Dedi Nursyamsi menegaskan pertanian tidak berhenti meski pandemi Covid-19 terus melanda. “Manfaatkan lahan produktif yang ada disekitar rumah!” serunya.

Seruan Kepala BPPSDMP Kementan menguggah civitas akademika Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementan Bidang Pendidikan Vokasi terjun bersama masyarakat meningkatkan produktifitas lahan. Unit Penyuluhan dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari membuat Program Demostrasi Plot (Demplot) Pangan Lokal.

Kegiatan diawali dengan kunjungan calon lokasi demplot di lahan milik Mace Yulius Towansiba, Kampung Lismaungu, Prafi, Papua Barat pada Selasa (14/7). Ketua UPPM Polbangtan Manokwari, Detia Tri Yunandar menyebutkan, “Kegiatan ini merupakan perwujudan dari penyelenggaran TriDharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.”

Perencanaan dan pelaksanaan kegiatan berbasis kebutuhan rill di lapangan.  Meski pandemi Covid-19 masih melanda, kegiatan tetap terlaksana dengan mengedepankan protokol pencegahan Covid-19.  Adanya Program Demplot Pangan Lokal dapat menggugah mace-mace (baca : ibu-ibu) untuk meningkatkan produktifitas lahan.

Turut hadir bersama rombongan UPPM Polbangtan Manokwari, PPL Prafi, Sumani; Ketua Jurusan Petaniann Polbangtan Manokwari, Yan Makabori; Sekretaris UPPM Polbangtan Manokwari, Susanti Indriyawati; beserta Mahasiswa Polbangtan Manokwari yang berasal dari suku Arfak, Yaer Mandacan. (269)

Berita ini dirilis juga di: https://www.agronet.co.id/detail/indeks/info-agro/5452-Demplot-Pangan-Lokal-Gugah-Mace-Mace-Papua-Tingkatkan-Produktifis-Lahan

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close