Berita

Dongkrak Pertanian Dari Ujung Timur, Petani Millenial Papua Raih Golden Certificate Menteri Pertanian

 

BOGOR – Kemeriahan acara Harmonisasi dan Apresiasi Sumber Daya Manusia (SDM) Pertanian tahun 2022 dihadiri oleh seluruh UPT Lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian dari Sabang sampai Merauke.

 

Acara rutin yang digelar tiap tahun bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada SDM Pertanian yang telah memberikan kontribusi besar dengan menopang keutuhan negara melalui penyedian pangan pagi 273 juta penduduk Indonesia.

 

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, hadir memberikan langsung 33 golden certificate kepada penyuluh pertanian, petani milenial, P4S dan SDM Pertanian berprestasi.

 

Dalam arahannya, Syahrul menyebutkan bahwa harmoni dan romantisme adalah bagian untuk mengawal idealisme kebangsaan.

 

“Di Kementan kita semua bersaudara, saya berharap melalui kegiatan ini akan merangsang langkah kita untuk semakin efektif membawa perubahan yang lebih baik untuk bangsa kita melalui pertanian,” ungkap Syahrul.

 

Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi mengucapkan apresiasi setinggi tingginya kepada 3 pilar utama pendongkrak SDM pertanian, yaitu Pusluhtan, Pusdiktan dan Puslatan yang telah mensuport lahirnya SDM pertanian yang profesional, madiri, berdaya saing dan berjiwa enterpreneur.

 

“Melalui kegiatan ini, kita harus terus memperkuat harmonisasi secara internal agar program kerja dapat terimplementasi dengan baik.” terangnya

 

“Golden certificate yang diberikan Kepada champion sebagai bentuk apresiasi atas dukungan dan jerih payah selama ini dalam mendukung program-program kementerian pertanian sehingga dapat terlaksana dengan baik,” jelas Dedi

 

Dari ujung timur, Saleh Resmeita Herlika sukses keluar sebagai champion kategori petani milenial inovatif asal Papua Barat.

 

Diketahui Saleh merupakan alumni Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari yang telah menggeluti sektor peternakan setelah lulus melalui program dana hibah Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP).

 

Saat ini, Saleh terus mengembangkan jenis usaha ternak ayam kampung yang dijalankan dengan mengakses permodalan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Keberhasilannya dalam meraup cuan membawanya memperoleh penghargaan langsung dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

 

Semangat untuk mengabdi pada sektor pertanian juga dituangkan dalam pengabdian kepada masyarakat dengan terlibat dalam Balai Penyuluhan Pertanian Distrik Masni, Manokwari.

 

Bersamaan dengan itu, 4 pegawai berprestasi Polbangtan Manokwari juga memperoleh penghargaan langsung oleh Kepala BPPSDMP atas jerih payah dan keseriusannya mampu menopang BPPSDMP dalam berbagai Prestasi.

 

4 pegawai tersebut diantaranya :

1. Bangkit Lutfiaji Syaifullah sebagai dosen berprestasi

2. Nicodemus Panggalo sebagai tenaga kontrak berkinerja terbaik

3. Adelson pihahey sebagai driver berkinerja terbaik

4. Martina Naum sebagai petugas kebersihan berkinerja terbaik.

Show More
Back to top button
Close
×

Kontak Kami

×