Berita

Dorong Penelitian Bertaraf Internasional, Kementan Gandeng Massey University

29 Februari 2020 — Mataram — Kementerian Pertanian melalui Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan), Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) menggelar workshop Inisiasi Kolaborasi Internasional. Acara berlangsung di Lombok Raya Hotel, Nusa Tenggara Barat, pada 27 hingga 28 Februari 2020.

Peserta kegiatan workshop dihadiri dari perwakilan enam Politeknik Pembanguanan Pertanian (Polbangtan) se-Indonesia. Workshop juga menggandeng Massey University, Selandia Baru, yang bertujuan untuk mendorong hasil penelitian yang bertaraf internasional.

Dalam kegiatan itu, tiga profesional dari Massey University turut berbagi wawasan seputar penelitian bertaraf internasional.  Dosen senior bidang pertanian dan hortikultura, Janet Reid, memaparkan tentang bidang yang ia geluti. Begitu pula dengan Prof. Stephen Morris memberi gambaran penelitian bidang peternakan, serta Prof. Julian Heyes menjelaskan peluang penelitian teknologi pascapanen.

Sebagai tindaklanjut kegiatan ini, pada April mendatang akan dilakukan nota kesepahaman kerjasama, Memorandum of Understanding (MOU) antara BPPSDMP Kementan dengan Massey University.

Sementara itu, Direktur Polbangtan Manokwari, Purwanta, mengatakan pihaknya mendorong para dosen dan calon dosen untuk berinovasi dan melakukan penelitian berstandar internasional.

Kepala Subbidang Ketenagaan Pendidikan, Kodrat Winarno, menjelaskan bagi dosen-dosen muda, selain dapat melakukan penelitian bertaraf internasional, juga berkesempatan magang dan melanjutkan pendidikan S2 ataupun S3 di Selandia Baru. (269/139)

Sumber : https://www.agronet.co.id/detail/indeks/info-agro/4774-Penelitian-Bertaraf-Internasional-Kementan-Gandeng-Massey-University

Show More
Back to top button
Close