Berita

Generasi Tani Milenial Laksanakan Panen Padi

14 Maret 2020 – Manokwari – Generasi Tani Milenial Lahan Praktik seluas 6.000 m2.  Panen padi yang dilakukan pada Sabtu, (14/3) merupakan rangkaian pratikum yang menjadi satuan kurikulum Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari.  Dosen Polbangtan Manokwari, Elwin M.P. mengatakan, “Selama tiga bulan para mahasiswa menanti masa panen tiba.”

Sebanyak 53 mahasiswa Program Studi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan bahu membahu melakukan budidaya tanaman padi dengan varietas unggul tersebut.  Sebagai Institusi Pendidikan Tinggi bidang Vokasi dibawah naungan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian (BPPSDMP Kementan), metode perkuliahan di Polbangtan Manokwari lebih banyak ditekankan pada praktik.

Teaching Factory (TEFA), model pembelajaan berbasis produk hasil sinergi antara institusi dengan dunia industri telah disiapkan Polbangtan Manokwari untuk mencetak jobcreator bidang pertanian.  “Panen padi ini membutikan TEFA Polbangtan Manokwari mampu menghasilkan tanaman pangan khususnya padi,” sebut drh. Purwanta, M.Kes, Direktur Polbangtan Manokwari.

Purwanta berencana menambah luasan lahan untuk tanaman pangan lainnya di Tahun 2020.  Satu hari sebelum panen padi, tak berapa jauh dari lahan sawah, dilakukan panen jagung manis.  Masyarakat merespon baik hasil panen tersebut.

Kreatifitas, keuletan, dan kegigihan generasi tani milenial mencerminkan tumbuhnya kembali petani-petani muda yang handal.   Harapan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) untuk mencetak 2,5 juta petani milenial pun segera terwujud.

Selepas panen padi, Wakil Direktur III bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Carolina D. Mual, M.P. meminta para generasi muda pertanian untuk mengeringkan merang.  Untuk apa? “Merang yang sudah dikeringkan, bisa dijadikan shampo,” jelasnya.  Tips tersebut dapat dijadikan peluang usaha perawatan rambut.  Rambut akan nambak hitam berkilau dari pemanfaatan merang padi. (269)

Sumber : https://www.agronet.co.id/detail/indeks/info-agro/4830-Generasi-Tani-Milenial-Laksanakan-Panen-Padi

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close