Berita

Kementan Segera Gelar Pelatihan Petani dan Penyuluh serta Pengukuhan 2.000 DPM/DPA

Kementerian Pertanian terus melakukan berbagai terobosan untuk membangun kekuatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mewujudkan percepatan penumbuhan dan penguatan petani muda.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjelaskan peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) bidang pertanian dapat dilakukan melalui pendidikan, pelatihan vokasi maupun sertifikasi profesi.

Menindaklanjuti hal tersebut, melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) kementan akan mengukuhkan 2000 Duta Petani Milenial (DPM) dan Duta Petani Andalan (DPA) pada 7 agustus mendatang yang dirangkaikan dengan acara Pelatihan Penyuluh dan Petani .

Melalui Konferensi Pers yang digelar secara Virtual, Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa 2000 DPM DPA akan dikukuhkan pada jumat mendatang, merupakan upaya kementan untuk terus menggenjot pertumbuhan produktifitas pertanian.

“selain itu, sebanyak 1,5 juta penyuluh dan petani yang berasal dari seluruh pelosok tanah air telah melakukan registrasi untuk mengikuti pelatihan yang diselenggarakan secara online dan offline.” Jelas Dedi.

“Nantinya pelatihan juga akan diikuti secara Individu maupun berkelompok di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), Kantor Kecamatan, Balai Desa, Pos Penyuluhan Desa (Posluhdes) dan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) atau Saung Tani dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.” Tambahnya

Dedi menyampaikan DPM dan DPA yang telah dikukuhkan juga akan mendapatkan pelatihan Wirausaha Pertanian lalu kemudian diupayakan untuk mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk dimanfaatkan sebagai modal untuk pengembangan usaha disektor pertanian.

“KUR yang dikeluarkan oleh kementan bermanfaat sebagai roda penggerak inovasi teknologi pertanian, dimana inovasi teknologi sangat penting untuk menunjang kemajuan pertanian yang tentunya dilakukan oleh para praktisi pertanian”. Ungkap Dedi

Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari Purwanta mengatakan bahwa kegiatan pengukuhan DPM DPA serta Pelatihan sejuta penyuluh dan petani merupakan suatu momentum yang luar biasa dalam peningkatan produktifitas

“DPM DPA tentu memiliki peran dalam meningkatkan keterlibatan generasi muda dalam peningkatan sektor pertanian, serta dapat menjalin kerjasama dan memberikan motivasi kepada generasi muda untuk terjun berusaha di bidang pertanian.” Jelas Purwanta.

Show More
Back to top button
Close