Berita

Mahasiswa PKL II Dan Pendampingan Membantu Mengidentifikasi Masalah Hama Pada Tanaman Padi Sawah

30 Mei 2020, Manokwari – Mahasiswa polbangtan manokwari mendatangi petani padi sawah di kampung aimasi SP3 distrik prafi kabupaten manokwari provinsi papua barat. Untuk mengidentifikasi masalah hama pada tanaman padi sawah.

Pemahaman hama pada tanaman padi sawah perlu mendapat perhatian untuk mencegah dan menanggulangi adanya seranga pada tanaman padi sawah
Kerugian berupa penurunan produksi, kegagalan hasil panen diakibatkan oleh adanya serangan hama. Serangan dapat terjadi berupa infeksi pada benih, pembibitan, masa pertumbuhan, bahkan menjelang panen.

Hama ini menyerang tanaman padi sawah sejak usia 1 bulan atau lebih, menurut saya akibat daun yang digulung ulat itu mengakibatkan terganggunya proses pematangan padi sehingga padinya mengering dan mati. Pemupukan pertama 1 minggu sesdah penanaman pengobatan hama ulat gulung kalo lambat padi sawah akan mati.

0-50 hari hama ulat gulung bisa dikendalikan tapi harus pake obat pestisida, obat yang sering digunakan ada 2 obat yaitu obat fungsida pencegah jamur dan obat pestisida untuk memberantas serangga, Dulu dikampung aimasi sp 3 sering diberi bantuan benih, pupuk, pestisida. Atau pun uang di ketua kelompok tani tapi itu dari 2005-2015 saja, sekarang bantuan itu sudah tidak masuk dikampung aimasi lagi.

Keluhan petani di kampung aimasi adalah supaya peningkatan mutu pangan dikampung aimasi bisa meningkat seperti dikampung kampung lain, Masalah pemasaran dikampung aimasi biasa di bantu oleh pemerintah untuk mutu pangan pns.
“Usaha ini sebagai mata pencarian, ucapan dari petani di harapkan agar permasalahan usaha dapat di pecahkan sehingga mendapatkan jalan yang baik”

Kegiatan mengidentifiksi hama padi sawah tersebut dilaksanakan pada hari kamis, tanggal 28 mei 2020 di lahan petani dikampung Aimasi SP3.
Nama petani: Taufik qhuroman
Mahasiswa yang mengidentifikasi: Natalia A.A Tarukallo

Berita ini dirilis juga di: https://beritatani.com/mahasiswa-pkl-ii-dan-pendampingan-membantu-mengidentifikasi-masalah-hama-pada-tanaman-padi-sawah

 

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close