Berita

Menteri SYL : Maksimalkan Kemajuan Pertanian Indonesia

18 Februari 2020 – Manokwari – Program dan trobosan yang rancang Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo (SYL) mendapat dukungan dari berbagai pihak. Perubahan anggaran lingkup eselon 1 pun disetujui Komisi IV DPR RI, Senin (17/2). Menteri SYL menegaskan, “Maksimalkan kemajuan pertanian Indonesia dengan anggaran tersebut.”

Perubahan anggaran Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Petanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) mencapai 1,82 triliun rupiah. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari, Widyanigum, M.Si menyebutkan, “Kami mendapat anggaran tambahan untuk banper ke Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian binaan”. Polbangtan Manokwari merupakan Unit Pelaksana Teknis bidang pendidikan di bawah nauangan BPPSDMP di wilayah timur Indonesia.

Dalam upaya memaksimalkan kemajuan pertanian Indonesia, Polbangtan Manokwari turut berperan aktif dalam menyusun langkah strategis penganggaran Tahun 2020. Bertempat di Oriestom Bay Manokwari, Rabu (12/2) Kuasa Pengguna Anggaran Polbangtan Manokwari (Direktur) memperoleh penghargaa Satuan Kerja Terbaik Pertama dengan Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) teraktif Semester II Tahun 2019.

Pemberian penghargaan merupakan rangkaian dari kegiatan Rapat Koordinasi Langkah Koordinasi Langkah-langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2020. Kepala DJP Papua Barat Hari Utomo merinci langkah-langkah yang terdiri dari percepatan penetapan pejabat perbendaharaan, percepatan penyusunan kalender kegiatan tiap satker (time frame of budget), percepatan proses tender/pengadaan barang dan jasa khususnya yang berasal dari belanja barang dan modal sudah dapat dilakukan sejak DIPA 2020 ini diterima, optimalisasi penggunaan KKP, dan penyiapan/pemutakhiran kapasitas sumber daya manusia (SDM) pengelola keuangan dan pengelola kegiatan.

Direktur Polbangtan Manokwari, drh. Purwanta, M.Kes meyebutkan, “Penghargaan terkait menjadikan motivasi bagi Polbangtan Manokwari khususnya dalam pemanfaatan Kartu Kredit Pemerintah diperluas dalam transaksi non tunai pada belanja barang lingkup Polbangtan Manokwari pada pelaksanaan tahun anggaran 2020”. Dengan anggaran yang ada, dari sektor pendidikan, Polbangtan terus berkomitmen untuk meningkatkan minat generasi muda menjadi petani milenial. Terlebih dalam tahun 2020 Menteri SYL menegaskan untuk meningkatkan kemajuan pertanian indonesia. (269/139)

Sumber : https://www.agronet.co.id/detail/indeks/info-agro/4735-Menteri-SYL-Maksimalkan-Kemajuan-Pertanian-Indonesia

Show More
Back to top button
Close