Berita

Papua Barat Terus Berkomitmen Dukung Program Pembangunan Pertanian

Manokwari, beritatani.com – Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan pada akhir Januari lalu (26/1) melakukan kunjungan kerja Ke Pusat Kantor Kementerian Pertanian (Kementan), Jakarta untuk membicarakan isu-isu stratgis bidang pertanian. Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menindak lanjuti kunjungan tersebut dengan memperisapkan rencana kunjungan kerja ke wilayah Provinsi Papua Barat.

Menteri SYL kembali mengajak seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat Papua Barat untuk memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah di tanah Papua untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia dan mampu merambah pasar ekspor. “Kita bangun potensi pertanian dari ujung timur Indonesia,”kata Mantan Gubernur Sulawesi Selatan.

Lewat Program Kostratani yang mulai bergerak di Tahun 2020, Kostratani yang merupakan pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan sudah mulai terlihat kebermanfaatannya. Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) sudah memiliki tampilan yang “cantik” dan pemanfaaan IT juga sudah diterapkan.

Kepala Badan Penyuluh dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menyebutkan, “Kostratani sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis, pusat pengembangan jejaring kemitraan.”

Selama satu tahun, dibawah binaan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari, BPP yang tersebar di wilayah Papua Barat telah menjalankan perannya sebagai tempat pemberdayaan pertanian, praktik mahasiswa, dan pendampingan. Atas prestasi tersebut, Direktur Polbangtan Manokwari mengapresiasi kinerja yang telah dilakukan oleh para penyuluh ditiap-tiap BPP.

Dalam Rapat Koordinasi persiapan Kunjungan Kerja Menteri SYL ke Papua Barat, Penanggung Jawab Supervisi Pembangunan Pertanian Papua Barat ini tidak hanya melaporkan data potensi pertanian hasil di Papua Barat. Purwanta juga menyampaikan hasil Rapat Konsolidasi dengan Staff Khusus Milenial Presiden Republik Indonesia, Billy Mambrasar yang berkomitmen untuk menumbuhkan 100ribu Petani Milenial di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Purwanta menyakini dengan adanya kolaborasi dari semua pihak, Program Pembangunan Pertanian khususnya di Papua Barat akan berjalan optimal dan dapat mensejahterakan masyarakat khususnya Petani.

Show More
Back to top button
Close