Berita

Pemerintah Daerah Papua Barat Dukung Penuh Konsep Pengembangan Wirausaha Muda Pertanian melalui Program YESS

Kementerian pertanian dalam mendongkrak perekonomian suatu daerah mempercayakan hal tersebut pada generasi muda, tidak terkecuali di tanah Papua. Berbagai upaya telah dilakukan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tanah Papua.

Salah satu program yang sedang diusung untuk memastikan kemajuan putra putri Papua yaitu melalui Program pengembangan Kewirausahaan dan ketenagakerjaan muda di sektor pertanian yaitu program Youth Enterpreneurship and Employment Support Sistem (YESS).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan,  Program ini bertujuan untuk menciptakan petani milenial andal dan profesional yang memiliki usaha di bidang pertanian.

“Khususnya di wilayah perdesaan untuk mengembangkan ekonomi mereka melalui kewirausahaan/ pengembangan usaha atau dengan menambah lebih banyak lagi peluang kerja bagi mereka sehingga dapat meningkatkan kontribusi mereka untuk mentransformasi wilayah perdesaan secara berkelanjutan dan menyeluruh,” kata Syahrul

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi berharap melalui program YESS akan terwujud regenerasi pertanian, meningkatnya kompetensi sumber daya manusia dari perdesaan serta meningkatnya jumlah wirausaha muda di bidang pertanian.

“Sektor pertanian akan menjadi lapangan kerja menarik, prospektif dan menguntungkan dan dapat berdampak pada penurunan angka pengangguran serta terjadinya urbanisasi,” ungkap Dedi.

Program YESS merupakan program yang didanai oleh Internasional Fund for Agricultural Development (IFAD) bertujuan untuk menggali potensi milenial dalam mengembangkan usaha di bidang pertanian.

Di wilayah timur, dalam kunjungan kerjanya, Direktur Program YESS, Dr Idha Widi Arsanti, S.P., M.P melakukan koordinasi dengan pemeritah daerah bupati kabupaten Sorong dan Manokwari terkait program YESS.

Hal tersebut di sambut baik oleh kedua pihak. Mereka mendukung penuh dan percaya bahwa adanya program YESS mampu membawa perubahan di tanah Papua.

Bupati Kabuputen Sorong, Johny Kamaru mengatakan program ini merupakan bagian dari investasi, karena program ini akan mendorong pembangunan suatu daerah.

“Program ini akan menjadi program Proritas karena dilihat dari Sisi ketenagakerjaan dan pendapatan ekonomi mampu membawa perubahan di tengah tengah masyarakat,” ujar Johny

Sementara itu, bupati kabupaten Manokwari, Hermus Indou mengatakan Manokwari untuk semua semua untuk Manokwari artinya semua akan berpartisipasi untuk mendukung penuh program tersebut.

“Bagi saya ini adalah suatu proyek perubahan, oleh karena itu kita akan mengawal perubahan itu karena kita akan mendapatkan hasil yang diharapkan. Adanya program YESS merupakan strategi baru untuk kemandirian pangan di provinsi Papua Barat,” kata Hermus

Show More
Back to top button
Close
×

Kontak Kami

×