Berita

Polbangtan Kementan Salurkan Inovasi Pertanian Melalui Diseminasi Penelitian

 

Upaya memberikan kontribusi nyata pada masyarakat Papua Barat di sektor pertanian tidak henti-hentinya dilakukan oleh Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari.

Selain menyelenggarakan pendidikan vokasi, Polbangtan Manokwari terus berupaya menciptakan inovasi pertanian yang mampu menopang pembangunan pertanian.

Hal tersebut sejalan dengan harapan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) agar hasil penelitian dan riset teknologi dapat diadopsi sektor pertanian dan sektor industri serta dapat bermanfaat untuk mendukung program strategi kementerian pertanian.

“sektor pertanian akan semakin kuat jika didukung dengan riset dan inovasi yang berkelanjutan,” tegas Syl.

Senada dengan pernyataan Menteri, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) menegaskan bahwa pertanian di era modern tidak bisa terlepas dari penerapan hasil penelitian. Berbagai hasil penelitian diaplikasikan untuk meningkatkan produktivitas tanaman pertanian.

Agar hasil penelitian yang telah dilakukan oleh dosen dapat diadopsi masyarakat Papua Barat, Polbangtan manokwari menyelenggarakan diseminasi hasil penelitian di Kantor distrik Manokwari Utara. Kegiatan di ikuti oleh 50 peserta terdiri dari stakeholder, penyuluh dan petani.

inovasi yang dihasilkan diharapkan mampu diaplikasikan dan memberi dampak positif bagi masyarakat baik dari segi sumber daya maupun ekonomi.

Direktur Polbangtan Manokwari, Purwanta mengatakan bahwa selain menciptakan inovasi pertanian, kegiatan riset yang dilakukan diharapkan mampu menyokong perekonomian masyarakat di Papua Barat

“sehingga hasil penelitian yang dilakukan dianggap perlu untuk disampaikan kepada stakeholder dan masyarakat agar khazana ilmu yang diperoleh dapat tersalurkan dan diaplikasikan oleh masyarakat,” Jelas Purwanta

Pemaparan penelitian dilakukan oleh Dr. Aswandi, S.Pt., M.P., terkait pemanfaatan hijauan pakan ternak menjadi silase yang dapat menambah masa simpan dan meningkatkan nilai gizi bagi ternak ruminansia. Dr. Triman Tapi, S.P., M.P., terkait penggunaan pendayagunaan internet dalam mengoptimalkan kinerja penyuluh pertanian di Manokwari. Dan Elwin, M.P., terkait optimalisasi pengolahan ubi jalar melalui pembuatan tepung dan mie ubi jalar.

Show More
Back to top button
Close
×

Kontak Kami

×