Berita

Polbangtan Manokwari Gelar Seminar Nasional ke-2, Hadirkan 259 Pemakalah dan Peserta Diseluruh Indonesia

Manokwari, – Harapan Menteri Pertanian Syahrul yasin Limpo (SYL) agar seluruh pusat pendidikan pertanian baik di politeknik pembangunan pertanian (polbantan) maupun di perguruan tinggi lainya mampu menghadirkan sumber daya manusia (SDM) petani milenial yang gigih dan memiliki rasa keingintahuan pada perkembangan ilmu pengetahuan.

“Generasi petani milenial tersebut selalu dibutuhkan Indonesia untuk menjaga persaingan global yang semakin sulit dan kompetitif,” Ungkap SYL.

Dalam rangka perayaan dies Natalis Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari yang ke 18 menyelenggarakan Seminar Nasional Pembangunan dan Pendidikan Vokasi Pertanian 2021 dengan tema “mewujudkan petani wirausaha milenial dalam menyongsong era revolusi industry 4.0 dan society 5.0”.

Kepala badan yang hadir memberikan memberikan arahan mengungkapkan bahwa tema yang diangkat pada seminar kali ini selaras dengan tugas dan fungsi Polbangtan Manokwari sendiri untuk menghasilkan alumni alumni yang memiliki jiwa sosial enterpreneur.

“Sebagai pendidikan vokasi pertanian wajib menghasilkan job seaker yang mumpuni, yang siap terjun pada pembangunan pertanian dari hulu hingga hilir. Serta menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa job creator yang mampu menghasilkan lapangan pekerjaan untuk diri sendiri dan orang lain,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari, drh. Purwanta, M.Kes mengatakan, seminar yang dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis Polbangtan Manokwari ke-3 tahun dan dan terhitung sejak STPP sudah memasuki umur yang ke-18 tahun.

Purwanta menyebut, sebagai salah satu pabrik penghasil petani milenial yang terkualifikasi sebagai job creator dan job seeker Polbangtan Manokwari terus genjot Sumber Daya Manusia pertanian di tanah Papua.

“Salah satu daya ungkit dari peningkatkan produktivitas dan kinerja kunci utama adalah dari sisi SDM. Sehingga memang dari SDM harus digenjot,” ujar Purwanta.

Pelaksanaan seminar nasional menunjukan salah satu peran pendidikan vokasi untuk menghasilkan agro sociopreneur semakin Nampak. Di pandu langsung oleh kepala Pusat Pendidikan Pertanian Dr. Idha Widi Arsanti, S.P.,M.P, Polbangtan Manokwari Menghadirkan pembicara hebat Billy mambrasar, ST.,BSc.,MBA staf khusus milenial Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. Imam Mujahidin Fahmid, M.TDev Staf Khusus Menteri pertanian, dan Rahmat Pribadi, BBA.,MBA Direktur Utama Pupuk Kaltim.

Berlangsung secara virtual Seminar Nasional seri ke 2 yang diikuti oleh 259 pemakalah dan peserta dari seluruh Indonesia.

Show More
Back to top button
Close