Berita

Sosok Kartini Bagi Duta Tani Milenial

21 April 2020, Manokwari – Hari Kartini yang diperingati tiap 21 April menginsipirasi khususnya kepada para perempuan Indonesia, bahwa kesulitan harus dirasakan terlebih dulu sebelum kebahagian yang sempurna datang. Ini lah sosok yang menjadi panutan bagi Duta Petani Milenial Papua Barat, Malahayati.

Mala, begitu ia kerap disapa, menapaki perjalanan menjadi Duta Petani Milenial dengan penuh tantangan. “Sudah patok harga untuk jual sayur online, e.. ternyata harganya naik atau kadang stok terbatas,” kenang gadis kelahiran Manokwari, Papua Barat. Dengan kegigihannya, kini ia telah mahir mengelola antara permintaan pasar dan pesokan yang ada.

Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari ini pun telah mengikuti arahan Menteri SYL untuk turut mensuplay ketersediaan pangan, meningkatkan kesejateraan petani, serta bercita-cita untuk mendukung ekspor. Lebih lanjut, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menyebutkan, “Duta Petani Milenial menjadi barometer keberhasilan pemuda yang berkecimpung di dunia pertanian.”

Keberhasilan Mala hingga dinobatkan menjadi Duta Petani Milenial berawal dari usaha minuman herbal tanaman akway khas papua. Kini usahanya terus berkembang hingga pemenuhan kebutuhan dapur lainnya.

Pandemik wabah Covid-19 yang meresahkan masyarakat dan menimbulkan rasa khawatir untuk keluar rumah, membuat Mala berinisiatif untuk memasarkan paket dapur via online. Beras, kacang panjang, paket sayur sup, terung, cabai keriting, cabai rawit, tomat, bawang merah, bawang putih ditawarkan dalam paket komplit.

Tak lupa telur ayam serta isotonik akway diberikan secara cuma-cuma. Bonus isotonik akway bertujuan untuk menjaga stamina tubuh sebagai pencegah covid-19. Meski ikut serta dalam pengantaran paket dapur ke pelanggan, stamina gadis kelahiran Manokwari ini tetap semangat dan terbebas dari paparan covid-19 dengan rutin mengkonsumsi isotonik akway.

Belum puas dengan paket dapur yang laris terjual saat ini, Mala kembali berkreasi untuk membuat paket-paket lain. “Penjajakan dengan penjual daging ayam juga sudah dilakukan, supaya paketnya semakin lengkap,” sebut putri bungsu dari 3 bersaudara.

Direktur Polbangtan Manokwari, Purwanta merespon baik apa yang Mala lakukan. “Trobosan bagus dari Duta Petani Milenial yang juga merupakan mahasiswa kami, disaat distribusi bahan pangan menjadi kendala utama dalam situasi pandemi covid-19, Malahayati mampu berkreasi dengan membuat pasar online,” sebut Purwanta.

Purwanta berharap ke depan Malahayati dapat bekerja sama dengan Kelompok Tani (Poktan) ataupun Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). Rantai pemasaran yang panjang, dapat diperpendek dengan adanya kerjasama tersebut. Layaknya Raden Ajeng Kartini, Malahayati tidak pernah menyerah dan terus berkarya. (269)

Sumber: https://www.agronet.co.id/detail/indeks/info-agro/5000-Sosok-Kartini-Bagi-Duta-Tani-Milenial

Show More
Back to top button
Close