Berita

Tingkatkan Kapasitas Petani dan Penyuluh di Merauke, Kementan Gandeng Anggota Komisi IV DPR RI

Bentuk dukungan untuk pengembangan pertanian di Merauke, Kementerian Pertanian melalui Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari yang berada dibawah BPPSDMP melakukan kerjasama dengan komisi IV DPR RI memberikan bimbingan teknis bagi petani dan penyuluh.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menyebutkan bahwa pembangunan pertanian harus terus berlanjut demi ketersedian pangan bagi 267 juta penduduk di Indonesia. “Dalam mewujudkan hal tersebut diperlukan SDM yang berkualitas petani dan penyuluh pertanian.” Ungkapnya.

Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi mendukung kegiatan tersebut. “SDM yang berkualitas akan berpengaruh pada hasil produksi dan produktivitasnya”, ujar Dedi. Sebanyak 300 orang petani dan penyuluh pertanian mendapatkan peningkatan kapasitas menjadi SDM yang inovatif, kreatif, professional, mandiri, berdaya saing, dan berwawasan global serta mampu meningkatkan usaha tani dengan inovasi-inovasi yang ada.

Sementara Purwanta, Direktur Polbangtan Manokwari menyebutkan bahwa pertanian adalah satu-satunya sektor yang teruh tumbuh positif dan terus memberikan kontribusi di tahun 2020, tanpa pertanian kita tidak ada artinya.

Anggota komisi IV DPR RI, H. Sulaeman L.Hamzah menegaskan bahwa pembagian Alsintan untuk kelompok tani dapi digunakan sebagai mestinya sehingga harus bekerjasama antara anggota kelompok sehingga dapat bersinergi bersama-sama dalam medorong pengembangan pertanian.

Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (30/3) ini bertujuan untuk memperkenalkan minat pertanian pada generasi muda untuk peningkatan kapasitas SDM Pertanian. Selain itu, bimtek dilakukan sebagai awal perencanaan pembangunan food estate di Merauke, serta untuk mendukung implementasi instruksi presiden tentang percepatan pembangunan kesejahteraan diwilayah papua dan Papua Barat.

Show More
Back to top button
Close