Berita

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Vokasi, Polbangtan Kementan Gelar Pelatihan ISO 21001:2018 

 

Memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas menjadi peranan penting Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi di bawah Kementerian Pertanian.

 

Hal tersebut selaras dengan harapan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang menegaskan pentingnya membangun institusi pendidikan vokasi yang berkualitas.

 

“Polbangtan sebagai pelaksana pendidikan vokasi harus terus berinovasi dalam melahirkan sumber daya manusia (SDM) pertanian yang siap kerja. Bahkan, SDM yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan ketika terjun ke masyarakat.” tutur SYL

 

 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menjamin melalui pendidikan vokasi akan dicetak banyak milenial yang akan melanjutkan pembangunan pertanian.

 

“Karena, pendidikan vokasi sebagai sarana mencetak petani milenial tangguh yang siap ditempatkan di semua lini pembangunan pertanian yang optimal,” ujarnya.

 

Oleh karena itu, dalam mewujudkan kualitas pada lingkungan pendidikan di era persaingan industry 4.0, Polbangtan Manokwari melakukan pelatihan program sertifikasi Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan (SMOP) ISO 21001:2018 kepada dosen dan tenaga kependidikan.

 

Pada pelatihan yang digelar menggandeng PT Amerandika Konsolindo Mandiri untuk memberikan pemahaman kepada pegawai tentang interpretasi persyaratan serta aplikasi dan strategi penerapan ISO 21001:2018 dalam sebuah organisasi.

 

Dengan menerapkan standar SMOP diharapkan mampu menjadikan SDM pertanian dari ujung timur Indonesia yang unggul berkualitas serta berdaya saing global. Karena tertelusur dengan sistem penilaian kesesuaian yang berlaku secara internasional.

 

Wakil Direktur I, Oeng Anwaruddin yang hadir membuka kegiatan pelatihan mengatakan target kita kedepan yaitu mampu menerapkan dan kembali mendapatkan jaminan mutu Internasional ISO 21001:2018.

 

“Baru-baru ini kita telah mendapatkan ISO 37001:2016, sehingga membuktikan langkah yang diambil bertujuan untuk terus membenahi dan memperbaiki sistem pelayanan yang ada dilingkup Polbangtan Manokwari,” Kata Oeng

 

“Sebagai perpanjangan tangan Kementerian Pertanian dalam meregenerasi petani muda, Polbangtan Manokwari memiliki tanggung jawab secara sosial dan menyediakan layanan yang dapat diakses peserta didik secara adil dan menyeluruh,” tambahnya

 

ISO 21001:2018 terintegrasi langsung dengan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 yang memiliki tujuan untuk menilai suatu lembaga pendidikan dalam memberikan layananan pendidikan.

 

Pelatihan yang digelar menjadi bekal untuk menunjang tridharma perguruan tinggi dalam hal pengembangan kompetensi melalui pengajaran, pembelajaran dan penelitian bagi peserta didik.

Show More
Back to top button
Close
×

Kontak Kami

×