Berita

Tingkatkan Manajemen Pendidikan Vokasi, Polbangtan Kementan Gelar Pelatihan Auditor ISO 21001:2018

Ekalasi pelayanan pendidikan yang dapat memenuhi kemajuan era digitalisasi terus digencarkan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari.

Sebagai kawah candradimuka pendidikan vokasi Kementerian Pertanian diufuk timur Indonesia, Polbangtan Manokwari terus melakukan peningkatan pelayanan mutu pendidikan yang searah dengan perkembangan era industri 4.0

Hal tersebut sejalan dengan intruksi Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo yang menginginkan peningkatan pelayanan dalam hal mendidik generasi milenial di sektor pertanian.

“Kita akan terus berusaha mencetak SDM Pertanian andal meneruskan dan mengisi pembangunan pertanian, dengan melakukan perbaikan dan peningkatan pelayanan pendidikan vokasi,”kata Syahrul

Oleh karena itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, mendorong seluruh UPT Pendidikan Tinggi vokasi untuk melakukan meningkatkan mutu pendidikan pertanian, regenerasi dan pertumbuhan minat generasi muda pertanian, serta penyuluhan pertanian berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

“Kita terus mengupayakan peningkatan taraf pendidikan hingga level internasional, serta Pendidikan dan pelatihan vokasi berbasis kompetensi, dan penguatan kelembangaan petani,” terangnya.

Dalam rangka menjamin pelayanan yang dihasilkan sesuai dengan ketentuan Badan Standar Nasional, Polbangtan Manokwari menggelar pelatihan audit sistem manajemen organisasi Pendidikan (SMOP) ISO 21001:2018.

ISO 21001:2018 adalah standar sistem manajemen internasional pertama di dunia untuk organisasi pendidikan. Standar ini memberikan panduan tentang bagaimana memberikan kualitas dalam lingkungan pendidikan yang terus berubah dengan tujuan untuk membantu penyedia layanan pendidikan dalam memberikan layanan yang lebih baik.

Melalui pelatihan yang digelar bertujuan untuk Memberikan pemahaman interpretasi persyaratan ISO 21001:2018 dalam aplikasi dan Strategi Penerapannya di dalam Polbangtan Manokwari.

Pada pelaksanaan Pelatihan dipandu langsung oleh narasumber Ihwan A. Patiroy dari PT. Amerandika Kosolindo Mandiri. Para Auditor mendapatkan pemahaman mendalam tentang Klausul yang terkandung dalam ISO 21001:2018

Direktur Polbangtan Manokwari, Purwanta Mengatakan bahwa perubahan yang sifatnya positif terus diupayakan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi.

“standar manajemen organisasi Pendidikan ini merupakan turunan dari ISO 9001:2015, dan sebelumnya kami telah memperoleh sertifikat itu sehingga adapun ketentuan yang terkandung dalam ISO 21001:2018 saya rasa juga telah dijalankan sehingga melalui audit nanti kami akan mengetahui kelemahan yang harus dipenuhi,” papar Purwanta

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan audit internal oleh para Auditor yang telah ditetapkan oleh Direktur Polbangtan Manokwari dalam rangka sertifikasi SMOP.

Purwanta Menjelaskan bahwa hal ini menjadi bagian dari upaya untuk terus mengupgrade serta menyelaraskan dinamika aturan yang berlaku. “Kita ingin memperbaiki apa yang sudah baik, kita ingin organisasi yang dijalankan membawa perubahan di Tanah Papua” tambahnya.

Show More
Back to top button
Close
×

Kontak Kami

×