Berita

Wujudkan Keterbukaan Informasi yang Transparan, Polbangtan Manokwari Raih Predikat Informatif

Implementasikan Undang-undang nomor 14 tahun 2008 dengan baik, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari sukses raih predikat Informatif pada penganugrahan Keterbukaan Informasi Publik Kementerian Pertanian.

Kegiatan Penganugrahan yang digelar secara rutin tiap tahun bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan informasi publik yang diberikan kementerian pertanian sesuai standar yang diakui oleh Komisi Informasi Publik.

Menteri Petanian Syahrul Yasin Limpo mengapresiasi 31 unit kerja jajaran Kementan yang telah sukses menyandang predikat informatif.

Menurutnya, keterbukaan informasi publik adalah sebuah tool yang sangat penting karena informasi yang baik yaitu adanya transparansi, adanya kontiniutas kepada publik, dan kerja sama tim.

“Informasi yang baik yaitu tentu adanya integritas dan inovasi. Ini adalah prestasi hebat dan saya bangga dengan peningkatan tahun ketahun unit kerja Kementan raih predikat informatif,” ungkap Syahrul.

Sementara, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi Dedi Nursyamsi menegaskan bahwa wajib hukumnya untuk insan BPPSDMP berjuang melakukan pengungkapan informasi publik secara transparan.

“Ada banyak sekali parameter yang harus menjadi acuan kita untuk melaksanakan penyiapan informasi publik. Tapi kita berkomitmen untuk menjalankan hal tersebut,” ujarnya.

Setelah melalui berbagai tahap penjurian mulai dari self assesment questionnaire (SAQ), visitasi dan wawancara, Polbangtan Manokwari berhasil mendapat peringkat 6 kategori Informatif tingkat eselon II Kementerian Pertanian.

Adapun Komponen penilaian monev terdiri atas penilaian website, portal PPID, komitmen PPID dan Pimpinan, inovasi informasi publik, sapras dan pengelolaan media sosial.

Direktur Polbangtan Manokwari, Purwanta menyampaikan bahwa prestasi membanggakan yang diperoleh tidak lepas dari kerja keras tim Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang telah menyebarkan informasi kepada khalayak sesuai dengan komitmen bersama untuk membangun transparansi kepada masyarakat.

“Keterbukaan Informasi Publik yang dilakukan selama ini sebagai upaya mengoptimalisasi hak masyarakat dalam memperoleh informasi,” kata purwanta

Menurutnya, Komitmen tersebut akan terus dilakukan untuk terus membenahi manajemen pelayanan informasi di Polbangtan Manokwari. Pencapaian tersebut harus di pertahankan dan dijadikan sebuah kebiasaan agar dapat terus memaksimalkan layanan kepada masyarakat.

Show More
Back to top button
Close
×

Kontak Kami

×