Berita

Tingkatkan Budaya Mutu Pendidikan Polbangtan Manokwari adakan Bimtek Dokumen SPMI

09 Pebruari 2020 — Manokwari — Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Perguruan Tinggi dijalankan oleh seluruh Civitas Akademika institisi dengan tujuan agar budaya mutu berjalan dengan baik. Hal tersebutlah menginisiasi Unit Penjaminan Mutu (UPM) lingkup Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari untuk mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Dokumen SPMI.

Ketua UPM Polbangtan Manokwari, Dr. Latarus Fangohoi menyatakan, “Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan menyiapkan dokumen SPMI yang perlu dimiliki Polbangtan Manokwari.” Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari mulai dari Kamis, 6 Februari 2019 hingga Sabtu, 9 Februari 2019 di pandu oleh Profesor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX, Prof. M. Nazir Hamzah.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan yang diadakan di Swiss-Belhotel Manokwari diawali dengan paparan Kebijakan Nasional SPMI, Kamis (6/2). Setelah peserta memahami kebijakan dasar SPMI, lebih lanjut Prof. Dari Universitas Muslim Indonesia ini memaparkan isi dokumen SPMI. Mulai dari Kebijakan SPMI, Standar Mutu SPMI, Manual Mutu SPMI, serta Formulir SPMI.

Kegiatan hari pertama ditutup dengan pembagian tugas sesuai dengan Standar Mutu SPMI yang disesuaikan dengan Tupoksi Peserta masing-masing. Jumlah peserta sebanyak 19 orang, yang terdiri dari Wakil Direktur I (bidang Pendidikan), Wakil Direktur III (bidang Kemahasiswaan), Kepala Bidang Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan beserta Kepala subbagian dan staf. Kepala Subbagian Keuangan Perlengkapan, Kepala Laboratorium, Kepala Unit, serta dosen dan tenaga pengajar.

Hari kedua kegiatan setiap group peserta memaparkan tugas yang telah diberikan. Dari 24 standar wajib yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sebanyak 5 standar dan 25 manual mutu telah terbentuk. Dilanjutkan dengan paparan 2 standar dan 10 manual mutu di hari ketiga. Dengan tersusunnya draft dokumen SPMI diharapkan dapat meningkatkan budaya mutu pendidikan lingkup Polbangtan Manokwari.

Direktur Polbangtan Manokwari, drh. Purwanta, M.Kes mengajak seluruh civitas akademika Polbangtan Manokwari untuk bersama-sama mewujudkan budaya mutu pendidikan POLBANGTAN Manokwari lebih baik lagi. Mengingat Kementerian Pertanian dibawah komando Syahrul Yasir Limpo (SYL) menargetkan Pendidikan Vokasi dibawah naungan Badan Penyuluhan dan Pegembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) mengarah pada pendidikan bertaraf internasiol (World Class Polytehnic). (269)

Sumber: https://www.agronet.co.id/detail/indeks/kampus/4702-Tingkatkan-Budaya-Mutu-Pendidikan-Polbangtan-Manokwari-adakan-Bimtek-Dokumen-SPMI

Show More
Back to top button
Close